Menu Diet

Menu Diet

Menu Diet
Rate this post

Menu Diet

Apalagi bagi Anda yang sedang memulai program menurunkan berat badan, mungkin Anda mengalami kebingungan dalam memilih jenis makanan untuk diet dan bagaimana menyusun menu diet yang seimbang.

Dalam menyusun menu sehat dengan tujuan untuk menurunkan berat badan tidak sekadar membatasi asupan makanan, tetapi harus cerdas memilih makanan yang akan Anda konsumsi.

Pilihlah jenis makanan yang kaya nutrisi dengan tujuan untuk meningkatkan laju metabolisme tubuh Anda. Karena makanan yang kita makan memberikan efek yang sangat besar terhadap kesehatan dan kebugaran tubuh kita.

Sebagai langkah awal, Anda tidak perlu terikat dengan perhitungan jumlah kalori. Karena setiap jenis makanan memiliki kualitas nutrisi yang berbeda – beda dan setiap zat gizi memiliki fungsi yang tidak dapat digantikan satu dengan yang lainnya.

Kecukupan gizi merupakan syarat utama bagi orang gemuk untuk menjadi langsing. Makanlah beranekaragam makanan agar asupan zat gizi Anda tercukupi. Untuk itu pilihlah jenis diet sehat dan cara diet alami yang akan memberikan hasil yang maksimal dan tidak memberikan dampak buruk bagi kesehatan Anda.

Berikut panduan yang dapat Anda gunakan dalam menyusun menu sehat :

  1. Kombinasikan makanan yang serasi

Banyak program diet yang membuat bosan pengikutnya karena menu yang diberikan mengubah kebiasaan hidup yang biasa dijalani. Hal terpenting aalah menjaga keserasian dengan memilih makanan alami yang berkualitas untuk menutrisi sel.

Cara pemilihannya sangat sederhana, Anda hanya cukup menghindari makanan yang tidak alami setiap kali makan. Sebagai contoh Anda dapat memilih mengonsumsi sayuran atau buah untuk menggantikan makanan kaleng.

  1. Pilihlah menu serasi yang sehat

Konsumsilah lebih dari satu jenis makanan dalam satu kali makan, kecuali sayuran. Sebagai contoh jika Anda makan nasi jangan menambahkan sumber karbohidrat lain.

Batasi konsumsi karbohidrat sederhana, sebagai gantinya Anda dapat mengombinasikan sumber karbohidrat dengan sayuran dan buah.

Jika pagi Anda sudah mengonsumsi karbohidrat dan lemak, maka waktu makan siang atau malam harus mengonsumsi cukup protein.

Contoh sumber karbohidrat : nasi merah, ubi, wortel, terung, tomat dan sayuran hijau.

Contoh sumber protein : tehu, tempe, putih telur, ikan dan kacang – kacangan.

Contoh sumber lemak : ayam, kuning telur, daging.

  1. Kombinasikan makanan serasi untuk memuaskan lidah

Kegiatan makan sehari – hari harus memberikan kepuasan pada tubuh.

Berikut tips memilih makanan untuk memuaskan lidah :

  • Pilih makanan yang benar – benar dapat diterima lidah
  • Pilih makanan yang memiliki penampilan yang menarik, karena makanan yang menarik biasanya dapat menggugah selera makan Anda.
  • Pilihlah makanan yang rendah kalori
  • Utamakan mengonsumsi makanan nabati sebelum makan makanan hewani
  • Batasi makanan yang digoreng, sebagai gantinya Anda dapat mengukus, memanggang atau di oven
  • Pilihlah makanan yang kaya rempah – rempah sehingga memberikan kepuasan di lidah dan otak

Berikut contoh menu diet dalam 1 minggu berikut makanan selingan :

Share:
  •  
  •  
  •   
  •  
  •