Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat
5 (100%) 6 votes

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Ada banyak cara menurunkan berat badan dengan cepat. Namun apakah itu aman ?

Ini yang harus Anda pertimbangkan jika hendak menurunkan berat badan. Dan tahukah Anda bahwa lebih baik menurunkan berat badan secara bertahap dan dengan menggunakan cara menurunkan badan secara alami ?

Karena kehilangan berat badan terlalu cepat beresiko besar terhadap kesehatan, termasuk kehilangan otot, batu empedu, kekurangan nutrisi dan menurunkan metabolisme.

Menurunkan berat badan juga membutuhkan komitmen yang kuat, karena  jika Anda tidak memiliki kemauan keras, maka kelaparan akan menyebabkan Anda melepaskan rencana ini dengan cepat.

cara cepat menurunkan berat badan, dengan latihan beban
Latihan memperkuat tulang kaki

 

Berikut adalah 3 langkah sederhana untuk menurunkan berat badan dengan cepat dan aman :

  1. Kurangi mengkonsumsi Gula dan Pati

Bagian yang paling penting adalah mengurangi gula dan pati (karbohidrat). Ini adalah makanan yang merangsang sekresi insulin paling banyak. Jika Anda belum tahu apa itu insulin.

Insulin adalah hormon peptida yang diproduksi oleh sel beta dari pulau pankreas, dan ini dianggap sebagai hormon anabolik utama tubuh.

Hormon ini mengatur metabolisme karbohidrat, lemak dan protein dengan mempromosikan penyerapan, terutama glukosa dari darah ke sel otot lemak, hati dan skeletal.

Tingkat insulin rendah dalam darah memiliki efek sebaliknya dengan mempromosikan katabolisme yang meluas, terutama lemak tubuh cadangan.

Saat insulin turun, lemak memiliki waktu lebih mudah keluar dan tubuh mulai membakar lemak dan bukan karbohidrat.

Manfaat lain untuk menurunkan insulin adalah ginjal Anda menumpahkan kelebihan sodium dan air dari tubuh Anda, yang mengurangi berat badan dan beban air yang tidak perlu.

Hal ini menyebabkan Anda kehilangan berat badan beberapa kilogram di minggu pertama, baik lemak tubuh dan berat air.

Dengan mengurangi gula dan pati (karbohidrat) dari makanan Anda akan menurunkan kadar insulin Anda, membunuh nafsu makan Anda dan membuat Anda menurunkan berat badan tanpa rasa lapar.

  1. Makan Protein, Lemak dan Sayuran

Setiap makanan yang Anda makan harus menyertakan sumber protein, sumber lemak dan sayuran rendah karbohidrat.

Membangun makanan Anda dengan cara ini secara otomatis akan memberikan asupan karbohidrat Anda ke kisaran yang direkomendasikan 20-50 gram per hari.

Contoh Sumber Protein Yang Dapat Anda Konsumsi :

  • Daging – Daging sapi, ayam, babi, domba, bacon, dll. Pilihlah dari peternakan organik.
  • Ikan dan Seafood – Salmon, ikan laut, udang, lobster, dll. Pilihlah ikan hasil dari tangkapan liar.
  • Telur – kaya akan Omega-3. Jika memungkinkan pilihlah telur ayam kampung atau telur dari peternakan organik. Pentingnya makan tinggi protein sangat banyak. Protein terbukti meningkatkan metabolisme 80 hingga 100 kalori per hari.

Diet protein tinggi juga bisa mengurangi pikiran obsesif tentang makanan sebesar 60%, mengurangi keinginan untuk ngemil di malam hari dan membuat Anda kenyang lebih lama.

Sehingga Anda secara otomatis mengkonsumsi 441 kalori lebih sedikit per hari hanya dengan menambahkan protein ke makanan Anda. Protein juga bisa mempertahankan masa otot Anda saat berat badan Anda turun.

Contoh Beberapa Sumber Sayuran rendah karbohidrat :

Cara menurunkan berat badan dengan cepat,tinggi serat
Contoh sayuran tinggi serat
  • Brokoli,Kembang kol, Bayam, Kubis, Kubis Brussel, Selada, Timun, Seledri,Jamur, Asparagus, Alpukat, Kacang hijau, Tomat, Terung, Bawang putih dan bawang merah, Zucchini.

Jangan takut untuk mengisi piring Anda dengan sayuran rendah karbohidrat ini. Anda bisa makan dalam jumlah besar tanpa lebih dari 20-50 karbohidrat bersih per hari.

Diet kombinasi daging dan sayuran mengandung semua serat, vitamin dan mineral yang Anda butuhkan untuk menjadi sehat.

Contoh Beberapa Sumber Lemak :

  • Minyak zaitun
  • Minyak kelapa
  • Minyak alpukat

Makanlah 2-3 kali sehari. Jika Anda merasa lapar di sore hari, tambahkan makanan ke-4. Jangan takut makan lemak, karena jika Anda diet rendah karbohidrat dan rendah lemak akan membuat Anda tidak bersemangat lagi untuk melanjutkan program diet cepat dan aman ini.

Lemak terbaik untuk digunakan adalah minyak kelapa. Karena minyak kelapa kaya akan lemak yang disebut medium-chain triglycerides (MCT). Lemak ini lebih memuaskan daripada yang lain dan dapat meningkatkan metabolisme.

Tidak ada alasan untuk takut akan lemak alami ini, studi baru menunjukkan bahwa lemak jenuh tidak meningkatkan risiko penyakit jantung sama sekali.

  1. Angkat Berat 3 Kali Per Minggu

Dalam program diet cepat dan aman ini Anda dianjurkan untuk berolahraga yang dapat menunjang keberhasilan Anda. Pilihan terbaik adalah dengan pergi ke gym 3-4 kali seminggu. Lakukan pemanasan, angkat beban, lalu peregangan.

Jika Anda baru di gym, mintalah seorang pelatih untuk mendapatkan beberapa saran.

Dengan mengangkat beban, Anda akan membakar beberapa kalori dan meningkatkan metabolisme.

Studi pada diet rendah karbohidrat menunjukkan bahwa Anda akan kehilangan sedikit otot saat kehilangan lemak dalam jumlah besar.

Jika mengangkat beban bukanlah pilihan bagi Anda, maka lakukan beberapa latihan kardio seperti berlari, jogging, berenang atau berjalan sudah cukup.

Opsional – Lakukan “Carb Re-feed” Sekali Per Minggu

Memiliki satu hari dalam seminggu di mana Anda makan lebih banyak karbohidrat bisa diterima, meski tidak perlu.

Konsumsilah sumber karbohidrat sehat seperti gandum, nasi, kinoa, kentang, ketela, buah-buahan, dll.

Tapi hanya satu hari karbohidrat yang lebih tinggi ini, jika Anda mulai melakukannya lebih sering daripada sekali per minggu, maka Anda tidak akan berhasil dalam rencana penurunan berat badan ini.

Jika Anda ingin makan makanan curang dan makan sesuatu yang tidak sehat, maka lakukanlah pada hari ini.

Anda akan mendapatkan beberapa berat badan pada hari re-feed Anda, tapi sebagian besar akan menjadi berat air dan Anda akan kehilangannya lagi dalam 1-2 hari berikutnya.

Bagaimana cara mengontrol kalori yang Anda makan ?

Hal yang paling penting adalah untuk benar-benar menjaga asupan karbohidrat Anda dalam kisaran 20-50 gram.

Dapatkan sisa kalori Anda dari protein dan lemak.

Ada beberapa cara menghitung kebutuhan kalori Anda, yaitu :

  • Rumus Harris-Benedictrumus ini termasuk rumus yang sering dipakai oleh ahli gizi. Rumus Harris-Benedict memperhitungkan usia, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, hingga level aktivitas fisik Anda.
    • Rumus untuk menghitung kebutuhan energi pria yaitu = 66,5 + 13,8 x (berat badan dalam kilogram) + 5 x (tinggi badan dalam cm) dibagi dengan 6,8 x usia.
    • Rumus untuk menghitung kebutuhan energy wanita yaitu = 655,1 + 9,6 x (berat badan dalam kilogram) + 1,9 x (tinggi badan dalam cm) dibagi dengan 4,7 x usia.
    • Hasil dari penghitungan ini kemudian dikalikan dengan faktor aktivitas fisik. Jika aktivitas fisik Anda rendah, maka dikalikan dengan 1,2. Untuk aktivitas fisik sedang dikalikan dengan 1,3. Sementara aktivitas fisik berat dikalikan dengan 1,4.
  • Rumus WHO (World Health Organization) : rumus ini lebih sederhana dan tidak memperhitungkan tinggi badan. Rumus WHO dibagi sesuai dengan kategori umur. Sebagai contoh, untuk mencari kebutuhan energi wanita berusia 18-29 tahun, digunakan rumus 14,7 x (berat badan dalam kilogram) + 496. Sementara untuk mencari kebutuhan energi pria usia 18-29 tahun, digunakan rumus 15,3 x (berat badan dalam kilogram) + 679. Hasilnya kemudian dikalikan dengan faktor aktivitas fisik.

Berikut adalah 10 tips untuk menurunkan berat badan lebih cepat, lebih aman dan mudah :

  1. Makan sarapan tinggi protein. Mengonsumsi sarapan tinggi protein telah terbukti mengurangi asupan kalori sepanjang hari.
  2. Hindari minuman bergula dan jus buah. Ini adalah hal yang paling menggemukkan yang dapat Anda masukkan ke dalam tubuh Anda, dan dengan menghindarinya dapat membantu menurunkan berat badan Anda.
  3. Minum air setengah jam sebelum makan. Satu studi menunjukkan bahwa minum air setengah jam sebelum makan meningkatkan penurunan berat badan sebesar 44% selama 3 bulan.
  4. Pilih makanan yang rendah kalori. Makanan tertentu sangat berguna untuk menurunkan lemak.
  5. Makan makanan berserat. Studi menunjukkan bahwa makanan berserat bisa mengurangi lemak.
  6. Minum kopi atau teh hijau. Jika Anda seorang peminum kopi atau teh, maka minum sebanyak yang Anda mau karena kafein di dalamnya dapat meningkatkan metabolisme Anda sebesar 3-11%. Minumlah tanpa menambahkan gula.
  7. Makanlah sebagian besar makanan utuh dan tidak diproses. Karena lebih sehat.
  8. Kunyahlah makanan Anda dengan perlahan. Pemakan cepat mendapatkan lebih banyak bobot dari waktu ke waktu. Makan perlahan membuat Anda merasa lebih kenyang dan meningkatkan hormon penurunan berat badan.
  9. Gunakan piring yang lebih kecil. Studi menunjukkan bahwa orang secara otomatis makan lebih sedikit saat mereka menggunakan piring yang lebih kecil. Aneh, tapi berhasil.
  10. Tidur nyenyak, setiap malam. Tidur yang buruk adalah salah satu faktor risiko terkuat untuk penambahan berat badan, jadi jaga agar tidur Anda cukup.

Hal terpenting adalah dengan mengikuti tiga peraturan tersebut, Anda akan merasakan perubahan diri Anda dan jadikan itu sebagai kebiasaan sehat yang sangat berguna bagi Anda, keluarga Anda dan teman-teman Anda.

Untuk beberapa hari pertama mulai diet ini, Anda mungkin merasa agak aneh. Karena tubuh Anda mulai membakar karbohidrat yang tersimpan selama bertahun-tahun. Ini disebut “flu carb rendah” dan biasanya terjadi dalam beberapa hari.

Sebagai solusinya Anda dapat menambahkan beberapa makanan yang mengandung sodium ke dalam makanan Anda seperti daging, wortel, seledri, bayam, lobak, bit.
Setelah itu, Anda akan merasa lebih positif dan energik.

Manfaat Yang Bisa Anda Rasakan Setelah Melakukan Program diet ini :

  • Gula Darah cenderung menurun pada diet rendah karbohidrat.
  • Trigliserida cenderung turun.
  • Kolesterol LDL turun.
  • Kolesterol HDL naik.
  • Tekanan darah lebih stabil.

KESIMPULAN :

Keberhasilan Anda dalam program diet cepat dan aman ini membutuhkan komitmen dan motivasi yang kuat.

Keberhasilan setiap individu berbeda karena respon masing-masing tubuh tidak sama.

Program diet ini aman dan menyehatkan karena memenuhi gizi seimbang yang dibutuhkan tubuh Anda dan dapat meningkatkan kesehatan Anda.

Jika Anda memiliki masalah medis berbicaralah dengan dokter Anda sebelum memulai program diet ini.

Dengan mengurangi karbohidrat dan menurunkan kadar insulin, Anda mengubah sistem hormonal tubuh Anda.

Turunnya kadar insulin menyebabkan berkurangnya nafsu makan dan rasa lapar secara drastis, sehingga menghilangkan alasan utama mengapa kebanyakan orang gagal dengan metode penurunan berat badan konvensional.

Share:
  •  
  •  
  •   
  •  
  •